Lorem Ipsum

ini adalah blog punya tria. entah apa itu isinya ya beginilah hidup. berjalan dengan adanya sesuai dengan tujuan dan terus berjuang menggapai ridho Illahi :) selamat membaca (maaf kalo geje)

Saturday, July 30, 2011

Meraih Berkah Ramadhan

Menarik apa yang dilakukan para sahabat dalam menata kehidupannya setiap tahun. Kalau dalam dunia pendidikan dikenal istilah tahun ajaran, maka tahun ajaran hidup mereka diawali dan diakhiri pada bulan Ramadhan. Seperti diungkap Mualla bin Fadhl, mereka membagi dua belas bulan menjadi dua bagian. Enam bulan pertama mereka memohon kepada Allah agar bisa mendapati bulan Ramadhan dan bisa menjalankan ibadah di dalamnya dengan baik. Sedangkan, pada enam bulan kedua, mereka memohon kepada Allah agar puasa dan semua ibadah yang dilakukan pada bulan tersebut diterima. Ramadhan dijadikan masa pembuktian ibadah lima bulan sebelumnya, sekaligus sebagai masa persiapan menempuh hidup di enam bulan sesudahnya. Wajar bila sahabat menjadikan Ramadhan sebagai munthalaq kurikulum hidup. Pada bulan ini, Allah SWT memberikan berbagai keistimewaan yang tidak diberikan di bulan-bulan lain.


Keistimewaan Ramadhan

Pertama, pintu surga dibuka, sedangkan pintu neraka ditutup.
Disabdakan, Jika telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup (HR Bukhari). Hadis ini bisa dipahami apa adanya, yakni pintu surga memang betul-betul dibuka dan pintu neraka ditutup. Atau bisa dipahami bahwa peluang masuk surga begitu besar, karena pada bulan ini, Allah SWT mensyariatkan banyak ibadah yang dapat membawa seseorang ke surga. Sebaliknya, peluang masuk ke neraka kecil, karena peluang bermaksiat kecil. Kedua tafsiran ini bisa diterima.

Kedua, setan dibelenggu.
...dan setan-setan pun dibelenggu. (HR Bukhari). Kalau setan dibelenggu, namun tidak demikian dengan hawa nafsu. Sehingga, potensi melakukan dosa tetap ada, walaupun tidak sebesar di bulan-bulan lain.

Ketiga, meningkatnya derajat ibadah.
Di dalam bulan ini, Allah SWT melipatgandakan derajat ibadah. Satu ibadah wajib dilipatgandakan menjadi tujuh puluh kali ibadah wajib di bulan lain, dan ibadah sunnah dinilai ibadah wajib.

Disabdakan, Barangsiapa bertaqarrub kepada-Nya (di bulan Ramadhan) dengan suatu kebaikan, ia bagaikan melakukan suatu kewajiban di bulan lainnya. Barangsiapa melakukan suatu kewajiban pada bulan ini, maka ia sama dengan orang yang melakukan tujuh puluh kali amalan wajib di bulan lainnya." (HR Ibnu Khuzaimah). Dalam hadis lain dikemukakan satu tasbih di bulan ini sepadan dengan seribu kali tasbih di bulan lain (HR Tirmidzi).

Keempat, dosa-dosa sebelumnya dihapus.
Segala macam ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan menggugurkan dosa. Seperti shalat dan puasa. Mengenai shalat, Rasulullah SAW bersabda, shalat lima waktu, dari Jumat ke Jumat berikutnya, dari Ramadhan hingga Ramadhan berikutnya adalah penghapus dosa-dosa di antaranya, apabila ditinggalkan dosa-dosa besar (HR Muslim). Tentang puasa, Rasul bersabda, Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu (Muttafaq 'Alaih).

Makna Ramadhan

Agar Ramadhan bermakna, kita harus bersiap diri menyambut kedatangannya. Ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan:

Pertama, memupuk kerinduan dan kecintaan terhadap Ramadhan.
Salah satunya dengan berdoa. Rasul mencontohkan sebuah doa menjelang Ramadhan, Allahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya'baan, wa ballighnaa Ramadhaan. Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah kemi pada bulan Ramadhan.

Kedua, menyiapkan diri dengan baik.
Hati, akal dan fisik harus dipersiapkan. Hati dipersiapkan dengan memperbanyak ibadah, seperti shalat sunnah, saum sunnah, dzikir, dsb. Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW memperbanyak saum sunnah sebulan sebelum Ramadhan. Diceritakan 'Aisyah, Saya tidak melihat Rasulullah menyempurnakan saumnya kecuali di bulan Ramadhan. Dan saya tidak melihat dalam satu bulan yang lebih banyak saumnya kecuali pada bulan Sya'ban (HR Muslim).

Akal dipersiapkan dengan mendalami berbagai ilmu yang terkait dengan Ramadhan. Ilmu dan keikhlasan menjadi faktor penentu diterima tidaknya sebuah amal. Demikian pula ibadah Ramadhan. Tanpa ilmu seseorang berpotensi melakukan kesalahan. Ia menganggap bahwa ia sedang beribadah yang benar, padahal sebaliknya. Fisik juga harus dipersiapkan dengan menjaga kesehatan, kebersihan, olahraga dll. Sehat itu penting karena orang sakit tidak bisa menjalani Ramadhan dengan optimal. Padahal keberkahan Ramadhan dapat diraih, apabila ia mampu beribadah dengan optimal. Tidak lupa, harta juga harus dipersiapkan. Jangan sampai, kekhusyukan ibadah terganggu oleh kesibukan mencari nafkah. Apalagi sampai menganggu sepuluh akhir Ramadhan yang sangat berkah.

Ketiga, merencanakan peningkatan prestasi ibadah dibanding Ramadhan yang lalu.
Buat perencanaan global dan rinci. Tentukan target tiap-tiap ibadah, misalnya khatam Alquran dua kali, menghafal tiga surat panjang, dsb. Selain untuk diri sendiri, buat pula perencanaan aktivitas sosial yang positif seperti memberi makanan pembuka bagi orang miskin, buka bersama dengan anak yatim, mengadakan pengajian Nuzulul Quran, memperbaiki hubungan keluarga, dan lainnya.

Dengan menyiapkan segala sesuatu sebelum kedatangannya, mudah-mudahan kita bisa mencicipi hidangan Allah pada bulan Ramadhan sekaligus meraih keberkahannya. Sebab kesuksesan sebuah perbuatan sangat ditentukan oleh jelasnya tujuan dan matangnya persiapan.

Wallaahu a'lam.



http://ladyelen.blogspot.com/2006/09/meraih-berkah-ramadhan.html

Persiapan Menyambut puasa Ramadhan Bulan Penuh Berkah

Persiapan Menyambut puasa Ramadhan Bulan Penuh Berkah dan ampunan. Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, bulan yang penuh berkah dari berbagai sisi kebaikan. Sebab itu, umat Islam hendaklah mengambil keberkahan Ramadhan dari berbagai aktifitas positip dan bisa memajukan Islam dan pemeluk Islam. Meliputi dari sisi ekonomi, sosial, peradaban, budaya, dan pemberdayaan umat manusia. Namun demikian semua kegiatan yang positip itu tidak harus mengganggu kekhusuan dalam ibadah ramadhan terutama di sepuluh hari terakhir puasa bulan Ramadhan. Rasulullah SAW. menjadikan bulan puasa ramadhan sebagai bulan yang penuh aktivitas dan amaliah positif. Selain yang telah dijelaskan seperti tersebut di atas, beliau juga aktip melakukan aktifitas sosial kemasyarakatan.

Persiapan Mental
Persiapan mental untuk menjalankan ibadah puasa dan ibadah terkait lainnya sangatlah penting. Apalagi pada menjelang 10 hari hari terakhir, karena ajakan keluarga yang menginginkan belanja mempersiapkan hari raya Idul Fitri, pulang kampung, beli pakaian dll, sangat mempengaruhi umat Islam dalam menunaikan kekhusuan ibadah puasa Ramadhan. Kesuksesan ibadah bulan Ramadhan seorang muslim bisa dilihat dari akhirnya. Jika akhir bulan Ramadhan diisi dengan i’tikaf dan taqarrub yang lainnya, maka insya Allah dia termasuk yg berhasil dan sukses dalam menjalankan ibadah Ramadhan.

Persiapan ruhiyah (spiritual)
Persiapan ruhiyah dapat dilaksanakan dengan meningkatkan ibadah, seperti memperbanyak membaca AlQuran saum sunnah, berdzikir, berdo’a dll. Dalam hal mempersiapkan ruhiyah, Rasulullah SAW. memberi contoh kepada umatnya yaitu dengan memperbanyak puasa di bulan Sya’ban, sebagaimana yang diriwayatkan oleh ‘Aisyah RA. berkata:” Saya tidak melihat Rasulullah SAW. menyempurnakan puasanya, kecuali pada bulan Ramadhan. Dan saya tidak melihat dalam satu bulan yang lebih banyak puasanya kecuali pada bulan Sya’ban” (HR Muslim).

Persiapan fikriyah
Persiapan fikriyah atau akal dilakukan dengan mendalami ilmu, khususnya ilmu yang terkait dengan ibadah Ramadhan. Banyak orang yang berpuasa tidak menghasilan kecuali lapar dan dahaga. Hal ini dilakukan karena puasanya tidak dilandasi dengan ilmu yang cukup. Seorang yang beramal tanpa ilmu, maka tidak menghasilkan kecuali kesia-siaan belaka.

Persiapan Fisik dan Materi
Seorang muslim tidak akan mampu atau berbuat maksimal dalam berpuasa jika fisiknya sakit. Oleh karena itu mereka dituntut untuk menjaga kesehatan fisik, kebersihan rumah, masjid dan lingkungan. Rasulullah mencontohkan kepada umat agar selama berpuasa tetap memperhatikan kesehatan. Hal ini terlihat dari beberapa peristiwa di bawah ini :
• Menyikat gigi dengan siwak (HR. Bukhori dan Abu Daud).
• Berobat seperti dengan berbekam (Al-Hijamah) seperti yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim.
• Memperhatikan penampilan, seperti pernah diwasiatkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam kepada sahabat Abdullah ibnu Mas’ud ra, agar memulai puasa dengan penampilan baik dan tidak dengan wajah yang cemberut. (HR. Al-Haitsami).

Sarana penunjang yang lain yang harus disiapkan adalah materi yang halal untuk bekal ibadah Ramadhan. Idealnya seorang muslim telah menabung selama 11 bulan sebagai bekal ibadah Ramadhan. Sehingga ketika datang Ramadhan, dia dapat beribadah secara khusu’ dan tidak berlebihan atau ngoyo dalam mencari harta atau kegiatan lain yang mengganggu kekhusu’an ibadah Ramadhan.

Merencanakan Peningkatan Prestasi Ibadah (Syahrul Ibadah)
Ibadah Ramadhan dari tahun ke tahun harus meningkat. Tahun depan harus lebih baik dari tahun ini, dan tahun ini harus lebih baik dari tahun lalu. Ibadah Ramadhan yang kita lakukan harus dapat merubah dan memberikan output yang positif. Perubahan pribadi, perubahan keluarga, perubahan masyarakat dan perubahan sebuah bangsa. Allah SWT berfirman : « Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri » (QS AR- Ra’du 11). Diantara bentuk-bentuk peningkatan amal Ibadah seorang muslim di bulan Ramadhan, misalnya; peningkatan, ibadah puasa, peningkatan dalam tilawah Al-Qur’an, hafalan, pemahaman dan pengamalan. Peningkatan dalam aktifitas sosial, seperti: infak, memberi makan kepada tetangga dan fakir-miskin, santunan terhadap anak yatim, beasiswa terhadap siswa yang membutuhkan dan meringankan beban umat Islam. Juga merencanakan untuk mengurangi pola hidup konsumtif dan memantapkan tekad untuk tidak membelanjakan hartanya, kecuali kepada pedagang dan produksi negeri kaum muslimin, kecuali dalam keadaan yang sulit (haraj).

Menjadikan Ramadhan sebagai Syahrut Taubah (Bulan Taubat)
Bulan Ramadhan adalah bulan dimana syetan dibelenggu, hawa nafsu dikendalikan dengan puasa, pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka. Sehingga bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat kondusif untuk bertaubat dan memulai hidup baru dengan langkah baru yang lebih Islami. Taubat berarti meninggalkan kemaksiatan, dosa dan kesalahan serta kembali kepada kebenaran. Atau kembalinya hamba kepada Allah SWT, meninggalkan jalan orang yang dimurkai dan jalan orang yang sesat.

Taubat bukan hanya terkait dengan meninggalkan kemaksiatan, tetapi juga terkait dengan pelaksanaan perintah Allah. Orang yang bertaubat masuk kelompok yang beruntung. Allah SWT. berfirman: “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” (QS An-Nuur 31).

Oleh karena itu, di bulan bulan Ramadhan orang-orang beriman harus memperbanyak istighfar dan taubah kepada Allah SWT. Mengakui kesalahan dan meminta ma’af kepada sesama manusia yang dizhaliminya serta mengembalikan hak-hak mereka. Taubah dan istighfar menjadi syarat utama untuk mendapat maghfiroh (ampunan), rahmat dan karunia Allah SWT. “Dan (dia berkata): “Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.” (QS Hud 52)

Menjadikan bulan Ramadhan sebagai Syahrut Tarbiyah, Da’wah
Bulan Ramadhan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para da’i dan ulama untuk melakukan da’wah dan tarbiyah. Terus melakukan gerakan reformasi (harakatul ishlah). Membuka pintu-pintu hidayah dan menebar kasih sayang bagi sesama. Meningkatkan kepekaan untuk menolak kezhaliman dan kemaksiatan. Menyebarkan syiar Islam dan meramaikan masjid dengan aktifitas ta’lim, kajian kitab, diskusi, ceramah dll, sampai terwujud perubahan-perubahan yang esensial dan positif dalam berbagai bidang kehidupan. Ramadhan bukan bulan istirahat yang menyebabkan mesin-mesin kebaikan berhenti bekerja, tetapi momentum tahunan terbesar untuk segala jenis kebaikan, sehingga kebaikan itulah yang dominan atas keburukan. Dan dominasi kebaikan bukan hanya dibulan Ramadhan, tetapi juga diluar Ramadhan.

Menjadikan Ramadhan sebagai Syahrul Muhasabah (Bulan Evaluasi)
Dan terakhir, semua ibadah Ramadhan yang telah dilakukan tidak boleh lepas dari muhasabah atau evaluasi. Muhasabah terhadap langkah-langkah yang telah kita perbuat dengan senantiasa menajamkan mata hati (bashirah), sehingga kita tidak menjadi orang/kelompok yang selalu mencari-cari kesalahan orang/kelompok lain tanpa mau bergeser dari perbuatan kita sendiri yang mungkin jelas kesalahannya. Semoga Allah SWT senantiasa menerima shiyam kita dan amal shaleh lainnya dan mudah-mudahan tarhib ini dapat membangkitkan semangat beribadah kita sekalian sehingga membuka peluang bagi terwujudnya Indonesia yang lebih baik, lebih aman, lebih adil dan lebih sejahtera. Dan itu baru akan terwujud jika bangsa ini yang mayoritasnya adalah umat Islam kembali kepada Syariat Allah. []

Diambil dari:

Hudzaifah.org – yang isinya mengambil:

Sumber : Panduan Ibadah Ramadhan, Iman Santoso, Lc

Tuesday, July 26, 2011

Tugas TIK

Cara Kerja Handphone
Diposkan oleh Tentang Aku...!! di 07:23
Cara Kerja HandPhone
3.1 Pendahuluan
Sebelum anda melangkah lebih jauh tentang mereparasi handphone, tentunya anda harus memahami dulu prinsip kerja handphone agar dapat mempermudah proses analisa kerusakan pada ponsel.
Pada bab ini akan dibahas secara garis besar dan secara umum, karena perkembangan teknologi selular saat ini selalu berubah.
3.2 Pusat pengolahan perintah input/output.
3.2.1 Perintah input.
Setiap anda melakukan perintah kepada ponsel, misalkan mengetik sms, memainkan game, merubah pengaturan ponsel, merekam suara, foto, dan lain-lain. Semua perintah diatas merupakan suatu perintah dari pengguna ponsel kepada ponsel, dimana perintah tersebut bisa melewati alat seperti: keypad, kamera, infra red, Bluetooth. Semua perintah input tersebut akan diterima oleh CPU, kemudian CPU akan mengolah semua perintah masukan tersebut. CPU dapat memproses semua perintah input berdasarkan data operating system yang terdapat pada IC flash. IC flash akan menyimpan data input tersebut bila diperintahkan oleh CPU, Sedangkan IC RAM akan menerima data dari CPU untuk sementara.



3.2.1 Perintah Output.
CPU akan memberikan terusan perintah dari perintah input, perintah dari CPU sangat universal pada keseluruhan system navigasi handphone misalkan: memberikan perintah untuk menampilkan informasi grafik pada LCD, memberikan perintah kepada UI (vibrator, buzzer, led), memberikan perintah kepada power supply untuk meretribusikan tegangan, dan lain-lain.


3.3 Power Supply
3.3.1 Power up/down (On/Off)
Proses untuk menghidupkan ponsel tidak sama dengan rangkaian elektronik biasa seperti TV radio dll. Pada system handphone hampir sama dengan computer, dimana proses menghidupkan ataupun mematikan tidak dengan cara melepaskan hubungan daya kepada power supply. Pada system computer sebenarnya bila diberikan daya, system tersebut berfungsi hanya saja dalam keadaan nonaktif, bila di analogikan kepada manusia dalam keadaan tertidur, dimana system tersebut akan siap diberi perintah kapanpun untuk mengaktifkan semua system. Oleh karna itu bila handphone telah di pasangkan battery maka tegangan battery akan langsung masuk kepada IC power Supply, disaat bersamaan IC power supply akan memberikan tegangan kepada bagian processor. rangkaian SW On/Off handphone dapat anda lihat pada gambar diawah ini.


3.3.1 Distribusi tegangan
Rangkaian pada handphone terdapat banyak subsistemnya, yang mana setiap sub system mempunyai kebutuhan supply tegangan yang berbeda-beda dan pada setiap system akan diberikan tegangan bila disaat diperlukan. Daya pada handphone pertama diberikan oleh battery, tegangan dari battrey akan dilanjutkan kepada IC power supply, oleh IC power supplylah semua supply tegangan akan diberikan tergantung kebutuhannya.

3.3.1 Pengisian battery
Proses pengisian battery pada handphone sangat teliti sekali, dimana system pengisian akan diatur secara komputerisasi. Tegangan battery akan di diteksi oleh IC power supply dan CPU, bila battery dalam keadaan penuh maka handphone akan menolak pengisian dari trafo charger. System pengisian ini diproses oleh IC charging.
3.4 Transmisi data informasi
Pada dasarnya system transmisi pada system komunikasi terdapat dua system, bagian penerimaan (receiver) yang berfungsi sebagai penerimaan data informasi suara ataupun data alfanumerik dan grafik dari base station kepada handphone. Sedangkan bagian pemancaran (transmitter) berfungsi sebagai pengiriman data informasi suara ataupun data alfanumerik, grafik dan proses registrasi jaringan.
3.4.1 Proses registrasi jaringan
3.4.1.1 Inisialisasi
Pertama kali ponsel anda melakukan proses pemanggilan disebut dengan inisialisasi. Hal ini terjadi saat anda pertama kali mengaktifkan ponsel anda. Anda akan mendapatkan koneksi dari sell site terdekekat, kemudian jaringan seluler akan melakukan pemeriksaan account atau keanggotaan anda masih aktif atau tidak, maka panggilan anda akan diproses lebih lanjut.
3.4.1.2 Pemeriksaan daftar frekuensi
Ponsel anda akan melakukan pemeriksaan daftar frekuensi yang ada di SIM anda. Pemeriksaan meliputi kualitas aliran frekuensi carrie, kemudian mencari Broadcash Control Channel atau BCCH. Setiap BCCH akan mentransmisikan penanda data yang unik, membedan antara AMPS dan GSM. Di system AMPS menggunakan system frekuensi radio yang terdedikasi pada setiap sel, sedangkan pada GSM semua frekuensi dapat membawa informasi, akan tetapi yang lebih penting adalah channel yang digunakan untuk aliran datanya bukan radio frekuensinya
3.4.1.3 Identifikasi informasi
Base station atau Broadcash Control Center akan melanjutkan pengiriman untuk melakukan identifikasi informasi tentang sell site. Identitas jaringan tersebut adalah Carreier wireless itu sendiri, kode area lokasi saat itu, dan frekuensi yag digunakan, serta informasi tentang sel sekitarnya. Kesemua informasi tersebut digunakan untuk mengetahui apakah ponsel anda sedang aktif dan membutuhkan pelayanan. BCCH adalah bukan merupakan frekuensi radio yang didedicated. BBCH akan menggunakan channel yang akan membawa informasi dalam bentuk bit pada semua frekuensi didalam sebuah sel.
3.4.1.4 Pemeriksaan Broadcash Control Control Channel
Frekuensi radio ponsel akan melakukan pemeriksaan bradcash control channel, dimana ponsel anda akan mengirimkan sinyal untuk memriksa apakah sinyal tersebut masih di dalam jangkauan. Ponsel akan melakukan scanning seperti radio keseluruh daftar frekuensi BCCH satu-persatu serta memeriksa penerimaan sinyal. Pengukuran akan dilakukan pada setiap level channel. Cell site akan mengirimkan sinyal kuat ke ponsel anda. Sementara itu di broadcash control channel yang merupakan mobile monitor melakukan data stream dari ase station yang disebut frekuensi control burs atau frequency control channel burs (FCCB). Sinyal ponsel mobile anda akan melakukan sinkronisasi dengan system selular dengan sarana koneksi wireless. Setelah ponsel anda dengan base station telah berkomunikasi, maka semuanya siap digunakan.
3.4.2. Pemancaran data informasi
3.4.2.1. pengolahan signal data suara, grafik, alfanumerik.
Disaat pengguna handphone sedang melakukan komunikasi, maka gelombang sinyal suara yang dihasilkan dari pengguna ponsel akan merambat di udara. Gelobang signal suara tersebut akan di terima oleh microphone untuk dirubah menjadi gelombang elektromagnetik. Dan akan dilanjutkan kepada bagian audio processor untuk dikuatkan dan diproses.
Jika pengguna handphone melakukan sms, maka perintah yang di ketik oleh pengguna handphone kepada keyboard akan di proses oleh CPU (Central Proccesor Unit)
3.4.2.2. perubahan signal digital menjadi signal analog (D/A Converter).
Pada bagian ini signal data informasi akan dikonversikan menjadi berbentuk signal analog. Sebab pada bagian RF masih menggunakan signal berbentuk analog sedangkan pada bagian processor utama karakternya berbentuk digital. Hal ini perlu adanya penyesuaian antara dua karakter yang berbeda agar dapat saling berhubungan.
Selanjutnya signal data informasi yang telah di konversikan akan dilanjutkan kepada bagian RF.
3.4.2.3. Pencampuran signal data dengan signal pembawa.
Signal data informasi akan dikirim kepada base station, tentunya harus ada yang membawa signal data informasi tersebut. Oleh karena itu signal data informasi akan dicampur dengan signal pembawa oleh RF processor. Signal pembawa pada teknologi GSM mempunyai kisaran frekuensi 900-1900 MHz, gelombang ini awalnya dihasilkan oleh VCO, dimana VCO akan menghasilkan gelombang sebesar 3420-3840 MHz yang selanjutnya akan di olah oleh RF processor.
Setelah signal data informasi sudah dicampur dengan signal pembawa maka akan dilanjutkan kepada bagian penguatan.sistem ini dinamakan dengan Modulasi.
3.4.2.4. Penguatan akhir
Signal data informasi yang sudah dicampur dengan signal pembawa akan diterima oleh base station, sedangkan jarak handphone kepada base station cukup jauh. Maka signal tersebut harus betul-betul kuat agar dapat di terima oleh base station. Maka signal tersebut harus diperkuat oleh PA Power Amplyfier. Bila penguatan akhir pada bagian pengiriman tidak berfungsi dengan baik maka ponsel tidak akan bisa meregistrasikan jaringan kepada operator, hal ini di sebabkan karena base station tidak dapat menerima signal data informasi dari handphone.
3.4.2.5. Pembagian jalur Transmisi
Setelah dikuatkan maka signal akan dilanjutkan kepada antenna switch untuk di hubungkan kepada antenna. Antenna switch dapat di analogikan seperti bandara, dimana pada bagian transmisi data informasi pada handphone terdapat dua jalur, yaitu penerimaan dan pemancaran. Maka tanpa adanya antenna switch signal yang di terima dengan signal yang akan dipancarkan akan saling bertabrakan, karena pada teknologi GSM hanya ada terdapat satu jalur yang sebut dengan system TDMA.
3.4.2.6. Pemancaran ke base station
Signal selanjutnya akan dipancarkan melalui antenna kepada base station. Antenna akan menetukan hasil dari pemancaran, maka lemah atau kuatnya signal tergantung dari kualitas antennanya.
3.4.3. Penerimaan data informasi.
3.4.3.1. Penerimaan data dari base station
Signal informasi yang dipancarkan base station akan diterima terlebih dahulu oleh antenna handphone. Dan selanjutnya akan di teruskan kepada antenna switch untuk di teruskan kepada LNA.
3.4.3.2. Pembagian jalur transmisi
Agar signal pemancaran dengan signal penerimaan tidak bertabrakan, maka akan dibagi terlebih dahulu transmisi signalnya oleh antenna switch.
3.4.3.3. Penguatan awal
Agar signal dapat diterima dengan baik oleh bagian RF, signal yang dipancarkan oleh base station akan dikuatkan terlebih dahulu oleh LNA (Low Noise Amplyfier). LNA bukan saja difungsikan sebagai penguatan saja, tetapi dapat di fungsikan sebagai pemotong noise (desah).
3.4.3.4. Pemisahan signal pembawa dengan signal informasi
Signal yang dihasilkan oleh LNA masih tercampur dengan signal pembawa, agar dapat diproses oleh bagian DSP (Digital signal proccersor) maka signal data informasi harus dipisahkan terlebih dahulu oleh RF processor. System ini dinamakan dengan Demodulasi.
3.4.3.5. perubahan signal analog menjadi signal digital (D/A Converter).
Pada bagian ini signal data informasi akan dikonversikan menjadi berbentuk signal digital. Sebab pada bagian RF masih menggunakan signal berbentuk analog sedangkan pada bagian processor utama karakternya berbentuk digital. Hal ini perlu adanya penyesuaian antara dua karakter yang berbeda agar dapat saling berhubungan.
Selanjutnya signal data informasi yang telah di konversikan akan dilanjutkan kepada bagian processor utama (CPU). Bila signal data informasi tersubut adalah suara maka akan dilanjutkan kepada audio amplifier.
3.4.3.6. Penguatan akhir pada signal suara
Bila signal data informasi tersebut data suara, maka akan dikuatkan terlabih dahulu oleh audio amplifier sebelum dilanjutkan kepada speakers. Signal audio tersebut akan dirubah menjadi gelombang elektromagnetik, selanjutnya akan di hubungkan kepada speakers agar signal elektromagnetik tersebut menjadi signal suara yang merambat diudara agar dapat di dengar oleh telinga manusia.
http://af1yusuf.blogspot.com/2008/01/cara-kerja-handphone_31.html

Diagram atau Skema Jaringan Komputer
Masih banyak yang bertanya tentang skema jaringan, bagaimana menghubungkan perangkat jaringan untuk membentuk suatu jaringan computer yang operasional. Diagram atau skema jaringan bisa bermacam-macam tegantung kebutuhan dan skala besar kecilnya suatu jaringan.
Berikut adalah berbagai macam diagram jaringan atau skema jaringan yang disesuaikan dengan kebutuhan baik untuk rumahan, kantoran atau jaringan korporasi. Sebelumnya perlu juga diketahui bahwa suatu computer dalam suatu jaringan memerlukan suatu kartu jaringan yang disebut Ethernet Card / NIC adapter dengan RJ-45 port baik yang berkecepatan 10/100Mbps ataupun yang gigabit Ethernet.
Jaringan Dua Komputer
Jaringan yang paling sederhana adalah jaringan yang menghubungkan dua buah computer. Skema jaringan dua computer bisa dilihat pada gambar 1 berikut ini.

Gb 1 Skema jaringan 2 komputer
Yang perlu diperhatikan adalah kabel UTP yang anda pakai. Untuk koneksi back-to-back anda harus menggunakan konfigurasi kabel cross UTP. Akan tetapi ada beberapa jenis adapter NIC yang mempunyai fitur Auto-MDIX atau Autosensing ports dimana anda bisa menggunakan jenis kabel cross atau straight dan system akan mendeteksi secara automatis dan menyesuaikan seperlunya. Klik disini untuk jelasnyakabel cross dan straight through.
Anda juga bisa menggunakan sebuah Switch untuk bisa menghubungkan kedua computer atau lebih untuk membentuk sebuah jaringan workgroup yangbisa saling berkomunikasi. Satu hal yang perlu diperhaikan adalah pemberian IP address untuk masing-masing computer. Konfigurasikan property TCP/IP dari masing-masing computer dengan contoh IP address dibawah.
Komputer A: IP address = 192.168.10.10 subnet mask 255.255.255.0
Komputer B: IP address = 192.168.10.12 subnet mask 255.255.255.0
Biarkan gateway dan DNS kosong
Untuk jelasnya cara konfigurasi TCP/IP klik link ini.
Skema Jaringan Wireless Router
Salah satu tujuan utama anda mempunyai jaringan wireless dirumah adalah untuk bisa berbagi koneksi Internet broadband anda (misal Speedy). Untuk itu umum digunakan sebuah wireless router yang dikoneksikan ke sebuah modem (tanpa fitur router). Pada umumnya ISP anda memberikan modem yang sudah dilengkapi dengan router dengan dilengkapi satu atau empat Ethernet port. Gambar 2 berikut adalah skema jaringan computer wireless yang menggunakan sebuah wireless router yangdikoneksikan kepada modem.

Gb 2 Skema jaringan wireless
Gunakan kabel UTP cross untuk menghubungkan Ethernet port (RJ-45 port) pada modem disalah satu ujung kabel, dan salah satu ujung kabel lainnya koneksikan kepada port WAN dari router anda. Ada beberpa jenis router yang juga dilengkapi dengan sebuah port USB untuk anda gunakan sebagai sharing printer agar bisa diakses lewat jaringan misal D-Link DIR-632 yang juga dilengkappi sampai 8-port Ethernet.
Anda juga bisa menghubungkan XBOX game console anda kepada jaringan wireless tentunya dengan menambahkan sebuah adapter wireless XBOX.
Skema Jaringan Kantor Kecil
Walaupun prinsipnya sama, untuk jaringan business kantoran kecil skema jaringan pada gambar 3 berikut bisa mewakili berbagai macam jaringan untuk keperluan bisnis anda. Diagram atau skema jaringan ini terdiri dari sebuah router (yang merupakan pelindung garis depan dari jaringan internal anda), sebuah firewall (yang juga merupakan pelidung jaringan anda dengan filter security) dan juga skema jaringan internal anda dengan beberapa computer desktop dan sebuah server.

harapan itu kosong -,-

ini sebuah kisah yang aku alami, ketika hidup aku yang sepi dipenuhi dengan sebuah harapan dan harapan itu kosong. ga bisa mendapatkan apa yang aku harapkan itu..
aku mau cerita, sebuah cerita yang ga penting sih buat orang lain. huuuf~ galau.

aku sendiri juga ga ngerti. apa yang telah terjadi selama ini. beginilah awal critanya.
aku berfikir aku seneeeeng bgt ada seseorang yang merhatiin aku, ya perhatianlaaah gt ngerti meuren! dia bukan seorang ikhwan, tapi seorang akhwat. hahaa *ngarepikhwan mah
disitu aku mikir oh gini ya rasanya diperhatiin teh. sampai akhrnya aku deket deket dan deket, haha paling seneng klo manasmanasin org. layaknya kayak orang pacaran *opss bukan brarti gw male yaaa --' ya layaknya seorang sahabatlah, aku pikir oh ini ya rasanya punya sahabat, sahabat sejati :))

tapiii, aku sedih mungkin aku yang salah...
aku terlalu banyk berharap sama seseorang itu. jujur, aku juga ga ngerti apa yang aku harapkan. pokoknya sediih bgtlaaah, aku ga pernah sesedih ini..
aku juga gak pernah ampe nangis karna kepikiran soal ini, ehem aku nangis bukan karena seseorang itu tapi mungkin aku berfikir, aku sadar diri kalo aku ga sebaik dia aku ga bisa memberikan yang terbaik buat orang bnyk kayak dia, aku ga se sholeh dia. arght!!!!!! bukan berarti aku iri sama kehidupan dia. tapi inilah kenyataannya bahwa takdir kita yang memisahkan kita. takdir dengan kata lain latar belakang dengan kehidupan yang berbeda. semuanya BERBEDA!!!!

mungkin inilah salah satu perbedaannya ::
latar belakang dengan status keluarga yang beda *pasti
siapa sih yang gak seneng kalo di perhatiin klo emang sebelumnya ga pernah ngerasain gmna sih rasanya diperhatiin sama seseorang? toh orang tua juga jarang bahkan ga pernah tuh merhatiin aku. selama ini aku belajar buat mandiri, belajar mandiri dari kesendrian aku. aku harus nyadarlah orang tua aku super sibuk bgt, kapan ada waktu buat mikirin aku?? aku yakin kok mereka bekerja keras juga demi aku, meskipun aku anak bungsu yang kebanyakan orang bilang anak bungsu itu dimanja. beda sama kamu, serasa hidupnya bahagia. suatu ketika aku merasa tertekan dengan keadaan di rumah *brokenhome. ketika aku ingin merasakan kebebasan yang aku mau, semuanya penuh penekan dari banyak pihak. gimana gak stress? banyak peer pula, gak temen disekolah, keadaan dirumah. arght!! semuanya penuh tekanan.
aku sadar kehidupan kmu jauh lebh baik :)

jujur, aku ga berhenti nangis semaleman ampe mata sembab, temen sekelas bilang gw cengeng --" sejak kapan tria nangis??? huhuuhuu sediih, segitunya. jujur lagi sih, aku ga pernah seberat apa pun itu masalah aku ampe nangis. hikss dalem pisan euy aku sakitnya! mungkin aku nangis bukan nangisin orang itu, ato nangis kmu. tapi aku nagisin penyesalan hidup aku. latar belakang hidup aku yaaang, yaaaaaah seperti inilah. aku sering bgt hati kecil aku berharap dan bertanya tanya ketika aku mlihat sebuah keluarga yang mereka selalu ceria, selalu bersama. selalu barenglah intinya selalu menyempatkan waktu. Endingnya aku bertanya dalam hati " kapan ya aku bisa kayak mereka?" "kapan ya ayah aku bisa nganterin aku kayak dia?" "kapan ya ibu aku bisa masakin aku buat sarapan? siapain makan buat aku" "kapan ya aku bisa kayak mereka yang punya segalanya? punya kebahagiaan yang luar biasa" "kapan ya kapan ya kapan ya kpan ya??" huaaa aku sedih bgtlah klo aku harus bertanya2 soal perasaain ini. tapi aku besyukur kok aku mash punya orang tua lengkap. aku bakal berusaha berbakti kepada merekaa :*

hahaa, back to topik. itulah sekilas tentang cerita ku hari ini. ketika kegalauan yang aku alami hari ini. mungkin aku cengeng, tapi inilah ungkapan yang aku rasakan selama ini. aku ngerasa SAKITT!! aku kira kamu bisa ngertiin akulaaah, sekaali ini aj. aku yang selalu ngertiin kamu. cape atuh lama lama kalo aku terus yang ngertiin?
aku cuma minta sedikit perhatian, sahenteuna sms mah di bales laah! tong jadi suudzon akunya. haddoh, maaf maaf maaf maaf deh, kalo cerita ini lebay! aku harep ada orang yang ngerti kondisi aku. toh selama ini saya selalu memberikan yang terbaik untuk orang lain, tapi apakah orang lain bisa memberikan yang terbaik buat aku? sekaalii aja!! tapi kenyataannya ga pernah aku dapatkan hal yang terbaik itu untuk aku -,- mungkin ininih yang dinamakan harapan kosong. berani berharap walau tau akan kecewa. haha itulah cintaa :D :D cinta aku sama kamu hey, cinta aku sma semua orang yang pernah ngisi hati aku. cinta itu semata mata hanya untuk Allah...
aku kira kamu bakal jadi tmen terbaik aku, temen yang selama ini aku harapkan.
tapi pada kenyataannya cinta itu hilang sekejap. teringat kisah lalu dgn semua sahabat2 saya, aku jadi berfikir. apa emang aku ditakdrkan untuk gak bisa dapetin apa itu yang namanya "sahabat sejati" ????
huftt, nyadar diri ajalah sekarang mah trii... -,-
jangan terlalu mengharapkan bnyak sama orang lain. pikirin aja diri sendiri, orang lain juga belum tentu mikirin kita kan? hahaaa
aku belum sanggup kalo aku harus ngomong sama kamu, harus ketemu sama kamu. aku malu kalo harus nangis mah. aku ga sanggup --"
aku cuma butuh proses untuk merubah semuanya, aku juga butuh intropeksi diri klo aku emang salah mengahrapkan sesuatu. tapi inilah hidup... jalani welah. baik buruknya gmna entar.
aku juga bakal ngejauh dari orang orang untuk sementara waktu, bakal berusaha buat ngehindar. tapi jujur hati kecil aku ga bisa jauh dari temen2 akhwat yang lain. tapi hal ini harus aku lakuin buat kebaikan aku kedepannya. ayolah tri bangun, ga boleh cengeng. ini semua harus dijalani..
aku PASTI bsa :)
mkash ya buat kamu, buat temen2 semua yang udah ngertiin aku selama ini. Maaf kalo aku selalu mengecewakan kalian smua :’(

hahaaa, ada sebuah lirik yang dulunya buat seSeorang itu tapii ...

Brothers – Teman Sejati

Selama ini kumencari-cari
Teman yang sejati
Buat menemani
Perjuangan suci

Bersyukur kini padaMu Ilahi
Teman yang dicari selama ini
Telah kutemui

Dengannya disisi
Perjuangan ini
Senang di harungi
Bertambah murni kasih Ilahi

Kepada Mu Allah
Kupanjatkan doa
Agar berkekalan kasih sayang kita

Kepadamu teman
Kupohon sokongan
Pengorbanan dan pengertian
Telahku ungkapkan segala-galanya

Teman
Bersamalah kita semaikan persahabatan ini
Dengan keimanan
Teruskanlah perjuangan
Pengorbanan dan kesetiaan

KepadaMu Allah
Kupohon restu
Agar kita kekal bersatu

Kepadamu Teman
Teruskan perjuangan
Pengorbanan dan kesetiaan

Telahku ungkapkan segala-galanya
Itulah tandanya
Kejujuran kita
Haa…….

Kumencari-cari teman yang sejati
Buat menemani perjuangan suci
Haaa……..

ah udahlaaah, cukup sekian dan terima kasih :)



Friday, July 15, 2011

TATIB!

aku mau cerita sedikitnya pengalaman aku jadi TATIB.
awalnya aku bingung, ikutan ga ya? ah mau deh soalnya bnyak yang bilang aku cocok jadi tatib. ceunah mah judes jutekna tatib bgt.
pas waktu itu, kebetulan aku teh liburan dulu ada family gathering. trus ada yg ngabarin katanya seleksi tatib sama tutor hari senin. wah parah nyampe rumah minggu malem, seninnya harus udah kesekolah kebayang capenya :'(
ya udahlah jalanin aja, mana belum persiapan buat testnya lgi ah udah pasraah.

pas diseleksi :
diseleksinya teh suruh apalin hymne, mars, sama visi sman 4 Bandung. aduh belum belajar euy. dateng ke sekolah teh udah pasrah. ya sebisanya aj deh ntar pas interviewnya.
ya sekitaran ada 30 orangn lebih yang ikut seleksi, kita sebagian di tes PBB sebagian lg wawancara. ah parahlah PBBnya sambil ujan2an... pas istirahat kerasa bgt baju teh basaah --"
sekitar 2-3jam diseleksinya. akhirnya bubar... terus pengumumannya ntar di sms sama anak2 osis bilangnya. ah udah pasrah lah da aku ma ga mungkin di terima. orang2 yg diseleksinya jauh lebih baik dan lebih cocok jadi tatib teh. fun aja lah, anggep weh lagi ltihan BN. ya udah nunggu we di mesjid, ngobrol2 sama temen akhwat.
eh trus ga lama ada yang ngabarin ceunah pengumuman udah ada, silahkan diliat di twitter osis. "eh kenapa ada nama saya?" "tria XIIPA7"
yeah LOLOS, knpa ya bisa lolos? antara seneng sama nggak aku teh. senengnya : ya selama ini ga sia sia gitu aku ujan2an ampe sakit seminggu gara2 kecapean. tapi ga senengnya aaahhh sedih jam 5 harus udah disekolah selama seminggu. brangkat jam brapa si gw?? ya udahlah udah takdir, ini yang terbaik. alhamdulillah bgt bisa keterima bener2 jadi pengalaman baru buat aku. tapi akhwatnya yang jadi tatib dari dkm cuma aku sama hana. temen2 yang lainnya ga keterima. "sabar ya"

sempet ga diizinin juga sama orangtua, soalnya harus brangkat subuh, gda yg nganterin lagi. tapi akhrnya mau ga mau yaaa dibolehin we.. (y)

selama seminggu kita latihan bareng sama jendral, pokoknya full deh selama seminggu teh ke sekolah kumpul sama rapat.

kemudian tibalah tgl 7, hari kamis anak kelas 1 dikumpulin. disuruh dateng ke sekolah untuk dikash pengarahan buat mpls hari senin..
wow pertama kali bertugas nih yang namanya jadi tatib ga boleh ketawa. harus bener seriosa..

udah gereget lah pas hari itu teh, anak2nya pada blagu.. tapi kan mereka belum tau aturan sman4 gmna. ya udah galak2nya ditahan dulu deh --"

tiba saatnya di hari pertama :
arght deg deg an pisan lah, soalnya takut ga bisa nahan ketawa. soalnya yang namanya jadi tatib itu harus jaga wibawa. menjadi contoh yang baik buat merekaa :D
pagi bgt jam 5.45 udah nongkrong di depan gerbang buat "mendisiplinkan" murid baru. sambil teriak terian "BUKA JAKETNYA!!" "PERCEPAT DEK" "BENERIN BAJUNYA" "PAKE TOPINYAAA" AH gokil lah bener2 kudu tegas.. adik adiknya juga udah rada takut.
terus teh ada razia, ah bnyk pisanlah barang yang diambil dari mulai pengserut (pdahal apa bgt ya?) haahha makanan ringan..

galaknya aku keluarlah, pas ngerazia sepatu dapet 5organ, dapet sabuk, terus kaos kaki yang bau. hahaa dasaaar... sayang aku mah ga dapet HP -,- teten2 tatib yg lain mah pda dapet 2-3 hp.

terus kesini kesini mah anak2nya pada mulai baik, barang yang diambilnya sedikit
sampe hari terkahir teh gda razia razian da percaya sama adik2klas mah tapi gak tau ketang klo smpe ada yg disembunyiin maah.

smpe di hari akhir, para tatib ngegila nahan ketawa si ilham ngabodor. kerenlah sampe Ketos yang segtu sanger yang susah bgt buat senyum dia bisa sampe ketawa dan ketawanya ampe nangis. hahaa ngabarakatak lah pokokna maaah.

smpe akhrnya mpls udahan, ahh asa sediih ih ga bsa marah2 lgi. jadi kangeeeen -,-
terus kita sasalaman deh sama adik klas semua, minta maaf smbil ngucapin selamat datang..

selamat datang yaaa buat adik kelas yang baru, semoga betah dan bener2 bisa matuhin aturan sekolah kita tercintaaa... :))
maaf kalo ada yg kena marah sama aku, bener2 ngerasa bersalah bgt jadi tatib teh. tapi seneng bsa berkesan buat adik2 klas. hehee..

the end --"

Term of Use